Hidup itu adalah “MEMILIH”

Hidup itu Memilih

Manusia selalu dihadapkan pada beberapa pilihan. Namun tidak jarang pilihan itu mengerucut menjadi hanya 2 pilihan.Tidak ada pilihan terbaik di antara kedua pilihan tersebut, masing-masing memiliki hasil, konsekuensi & resiko tersendiri.

Contoh kasus, Ketika seorang tentara mendapat perintah ke medan perang, maka dia punya dua pilihan.

Pilihan pertama : Patuhi perintah berangkat ke medan perang, dengan konsekuensi meninggalkan keluarga dan resiko menderita atau bahkan mati.

Pilihan kedua : Tidak mematuhi perintah, dengan konsekuensi dipenjara & dipecat dari tentara.

Tidak ada pilihan yang tepat untuk semua orang. Tidak ada pilihan yang terbaik, yg ada adalah pilihan yang cocok bagi yang akan melaksanakan, karena dialah orang pertama & utama yang akan menanggung akibat dari pilihan tersebut.

Apapun pilihan, yang paling penting dia tahu & siap menanggung efek, konsekuensi & resiko dari pilihan.

Namun tidak jarang seseorang memilih pilihan ketiga, menunda dengan mendua-hati. Menunda-nunda menentukan pilihan. Menunda sampai waktu yang tidak jelas.

Menunda dengan berharap terjadi suatu perubahan yang sudah diyakini sangat sulit terjadi. Contoh kasus tentara, menunda memilih karena berharap bisa berangkat namun tanpa resiko mati atau tidak berangkat tapi tidak dipecat.

Akibatnya, jika ia memilih berangkat, ia berangkat dengan ragu, ragu melangkah, ragu bertindak, yang justru membuat resiko kematian semakin besar.Dia pun bimbang untuk tidak berangkat, takut dihukum dan dipecat.

Jadi Jangan menunda-nunda dalam kebimbangan yang berlarut-larut, hal ini sama artinya memperlama hidup dalam ketidak-nyaman.

Buat keputusan, pilih salah satu pilihan & nikmati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: